Monday, January 20, 2020

Cara Mengarang Judul Berita dengan Betul

Judul (kepala) adalah unsur yang paling penting dalam sebuah berita naskah. Judul Pertama dilihat pembaca beritalah, menarik perhatian, dan melalui judul pembaca berita juga sesuai untuk membaca / tidak membaca sebuah berita.

IN di setiap sesi pelatihan teknis menulis jurnalisme baru, saya biasanya mulai dengan meminta peserta meliputi berita "sedapat mungkin" judul minimal (kepala) Doang, dan gasket baru ( lead). Setiap peserta diminta judul menyarankan mereka menulis, kemudian dikoreksi.

Kebanyakan calon biasanya hanya menenun subjek atau klausa utama dalam judul, dan hamba koreksi dengan mencampur satu atau dua kata yang sama dengan "ujar pelengkap" (predikat) sesuai dengan urutan Indonesia dalam formula kalimat SPOK lengkap (subjek, predikat, deskripsi objek).

Buat Berita gelar terakhir mengindikasikan bahwa "lengkap", jadi saya biasanya merintis halaman di Yahoo! Indonesia, daftar menu kualitas "Headlines" title berita terbaru di media nasional secara online.

Saya diundang peserta untuk "menganalisis" berita utama, membandingkannya menjadi berita utama dengan peserta, dan memberikan saran dan kesimpulan tentang efek yang indah dengan selamat.

Bagaimana "lebih mudah" seperti yang "copy paste" yang pertama di kata2x rumah baru (untuk / baru pertama ayat). Sebagai contoh, pada pengiriman teras:

Presiden Susilo Yudhoyono Jelas marah dengan pernyataan dari mantan kepala Partai Keadilan Lutfi Hasan Ishaq Selamat Datang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (2013/10/10). Presiden Hakim Lutfi berbohong. Pemimpin itu menangani kemarahan Lutfi saksi yang dipanggil Ibu Putri adalah orang yang sangat dekat dengan dia. (Kompas. Com, 10 Oktober, 2013).

Judul presiden baru marah terkait dengan Ibu putri. Mungkin, judul akan lebih menarik dan "penasaran" jika dikonversi kepala marah. Untuk berita terbaru dalam judul kertas, ringkas tata letak artis memfasilitasi meningkatkan ukuran huruf sehingga lebih menarik bagi pembaca.

Berikut adalah petunjuk atau cara untuk menghasilkan berita utama yang sama mulai bagian paling penting dari teknis menulis berita:

1. Judul harus review lengkap dan Berita --subjek predikat-- yang digunakan untuk berisi informasi tentang terkenal. Misalnya, "Presiden marah", "Jokowi mendorong warga", "UIN Gelar Wisuda", "MENGANCAM untuk menembak sepeda motor polisi geng Bandung".

2. Judul harus isi berita. judulnya adalah "Ringkasan berita." Untuk lebih memahami dan menjadi judul familiar serta kabar baik, silakan "Panteng" judul Berona "menerapkan teks saat ini" di televisi.

3. Hindari menggunakan kalimat tanya dalam berita utama. Jika judul baru dalam bentuk kalimat tanya, informasi ini, tetapi masalah kepada pembaca. Pembaca juga akan membalas: Yaaa .. Anda benar wartawan, yang baru, mengapa bahkan bertanya? Sama, ada berita utama: "Presiden marah? "Jadi, pembaca apa menjawab," Ya ... tidak tau, Ente siapa tahu, saudara benar ngeliput Berita, mengapa bahkan bertanya ...? "

4. pendek. judul baru harus berisi hanya perintah 3-5.

5. Ini adalah cara terbaik untuk membuat berita utama: ayat Singsing pertama baru (lead), dengan catatan yang ditulis dengan muka yang besar, yang diajukan salah satu elemen baru (5W + 1H ). Biasanya, teras Berita mulai dengan faktor WHO (yang / Performer) atau apa (peristiwa / nama acara / peristiwa)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.